Sistem Manajemen STITM Paciran

STIT Muhammadiyah Paciran dalam tata pengelolaannya diatur dalam  Statuta STITM yang ditetapkan oleh Badan Pembina Harian STITM Paciran (BPH) sebagai badan penyelenggara. Mengingat ketentuan ketentuan dalam statuta bersifat idealis-normatif-asasi, maka diperlukan peraturan-peraturan dan pedoman pelaksanaan yang ditetapkan oleh Ketua STITM Paciran, dalam hal ini terwujudnya pembudayaan nilai-nilai kejujuran, disiplin dan kerja keras dalam suasana kekeluargaan, merupakan landasan dalam pelaksanaan visi STIT Muhammadiyah Paciran. Maksudnya dalam menjalankan fungsi, tugas dan tanggungjawab setiap unsur menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai etos-kerja. Guna mencapai tujuan tersebut maka dalam proses penyusunan peraturan, pelaksanaan dan evaluasi pencapaian hasil dilakukan secara terbuka dengan mengakomodasi semua unsur organisasi. Mengingat sampai saat ini prodi yang diselenggarakan oleh STIT Muhammadiyah Paciran hanya satu, yaitu Prodi PAI S1 Tarbiyah, maka dalam operasional sehari-hari menyatu menjadi satu, terutama unsur pelaksana  administrasi, antara prodi dan sekolah tinggi pengelolaan administrasinya tidak terpisah. Dengan demikian Ketua Prodi PAI dalam penyelesaian administrasi bersifat konsultatif dengan Kepala Tata Usaha yang secara langsung dibawah Ketua STIT Muhammadiyah Paciran.

Tata pamong di STIT Muhammadiyah Paciran, dirancang untuk dapat menjamin terlaksananya lima pilar tata pamong; yaitu : kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan adil. Sistem dan pelaksanaan tata pamong seperti ini, akan lebih mudah mewujudkan pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran.

Berbagai upaya yang dilakukan Tata pamong di STIT Muhammadiyah Paciran, dirancang untuk dapat menjamin terlaksananya lima pilar tata pamong; yaitu : kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan adil. Sistem dan pelaksanaan tata pamong seperti ini, akan lebih mudah mewujudkan pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran. Berbagai upaya yang dilakukan STIT Muhammadiyah Paciran untuk mencapai lima pilar tata pamong adalah :

Kredibel; Pimpinan STIT Muhammadiyah Paciran, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya didasarkan pada kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki; dan selalu berupaya meningkatkan kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Contohnya ; rekrutmen dosen terbuka, kualifikasi dosen S2.

Transparan; Pimpinan STIT Muhammadiyah Paciran, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya; mulai dari masukan, proses, maupun hasilnya memberi informasi secara terbuka kepada semua pihak yang membutuhkan. Contoh; keuangan dilaporkan secara terbuka dan transparan didepan dosen, BPH baik UTS, UAS, Skripsi, KKN dan lain sebagainya

Akuntabel; Pimpinan STIT Muhammadiyah Paciran, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selalu berpedoman dan taat pada peraturan, kode etik yang telah ditetapkan. Hal ini akan menumbuhkan kepecayaan pada orang tua mahasiswa dan pengguna lulusan. contoh ; membuat kode peraturan kode etik dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Bertanggungjawab; Pimpinan STIT Muhammadiyah Paciran, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selalu membuat dan menyampaikan pertanggungjawaban terhadap setiap program kegiatan yang dilaksanakan, dan akan digunakan sebagai dasar evaluasi. Contoh ; membuat laporan tahunan kepada BPH dan dosen.

Adil, Pimpinan STIT Muhammadiyah Paciran, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selalu didasarkan kepada peraturan yang telah disepakati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Sekretariat

Jalan Pondok RT.04 RW.05 Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, 62264

Jam Buka :
07.00-12.30 & 14.00-18.00 WIB
Hubungi Kami : 0812 3057 368
Email : modernpaciran@gmail.com

Official Sosial Media :

@modernpaciran

© 2019 Humas Pondok Modern Muhammadiyah Paciran